Gejala Penyakit Typus Pada Anak Saat Pertama Kalinya

Tifus merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena pengaruh virus/bakteri bernama salmonella typhosa. Bakteri ini masuk kedalam tubuh manusia melalui berbagai macam perantara, termasuk beberapa diantaranya adalah tinja yang terinfeksi dan kontak langsung dengan penderita yang sebelumnya sudah terinfeksi.

Gejala penyakit tipes pada anak
Gejala penyakit tipes pada anak

Walaupun bukan termasuk penyakit yang berbahaya, tapi tipes terbukti telah banyak merenggut korban jiwa. Sejarah mencatat, Indonesia adalah negara dengan tingkat kematian akibat tipes terbesar se-Asia Tenggara. Berikut beberapa gejala tifus yang bisa anda pelajari selangkapnya agar tak terkena penyakit satu ini.

 

Gejala Penyakit Tifus Pada Anak-anak dan Orang Dewasa

Pusing dan mual

Pusing biasanya banyak menyerang mereka yang sering mengalami stres (tekanan berat). Namun pusing gejala tifus ini berbeda. Pusing yang menjadi tanda tipes biasanya disertai dengan perasaan mual, masuk angin, dan bahkan bisa mimisan. Munculnya pusing ini disebabkan karena adanya penegangan pada bagian saraf pusat (otak).

Demam tinggi naik-turun

Sama halnya dengan pusing, demam juga terjadi disertai dengan siklus. Mula-mula demam akan tinggi selama 3-4 hari, kemudian demam seolah-olah turun selama 2 hari. namun demam akan meningkat kembali dan bahkan bisa lebih parah dari sebelumnya.

Badan terasa lemas dan tak bertenaga

Pada dasarnya virus typhus menyebabkan jumlah trombosit dalam tubuh menurun drastis jauh di bawah angka normal. Nah akibat menurunya jumlah trombosit inilah badan seakan terasa lemas dan kurang bertenaga. Bahkan komplikasi yang lebih parah lagi dapat mengakibatkan pingsan mendadak.

Itulah beberapa gejala penyakit tipes yang bisa kami sajikan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, salam!

Leave a Reply